Logo

Organization Development partner for business transformation and growth

Pengembangan Organisasi

Suatu perusahaan telah menyatakan misi, visi, nilai-nilai serta membuat strategi perusahaan. Perusahaan juga telah memiliki organisasi beserta orang yang ditempatkan di dalamnya. Apakah itu semua belum cukup? Jawabannya adalah sudah cukup ketika organisasi perusahaan mampu secara efektif dan efisien mencapai sasaran jangka pendek dan jangka panjang.

Tetapi ketika organisasi beserta orang-orangnya tidak dapat bekerja menghasilkan seperti yang dibutuhkan maka anda perlu melakukan sesuatu terhadap organisasi agar menjadi lebih baik dan mencapai sasarannya. Intervensi atau campurtangan untuk mengubah organisasi inilah yang dimaksud dengan organizational development (OD). OD melakukan perubahan terhadap organisasi dan karyawan guna menciptakan kepuasan kerja, produktivitas dan efektivitas organisasi.

Adapun manfaat yang di dapat jika perusahaan melakukan pengembangan organisasi. Berikut 5 keuntungan utama atau manfaat yang didapatkan perusahaan:

  1. Perbaikan yang Berkelanjutan

Perusahaan yang terlibat dalam pengembangan organisasi berkomitmen untuk terus memperbaiki bisnisnya. Proses Organization Development (OD) menciptakan suatu siklus perbaikan yang berkelanjutan dimana setiap strategi direncanakan, diimplementasikan, dievaluasi, diperbaiki dan dimonitor penerapannya. Pengembangan organisasi adalah pendekatan proaktif yang mencakup perubahan (internal dan eksternal) dan memanfaatkannya untuk pembaruan.

  • Meningkatkan Komunikasi Internal Perusahaan

Salah satu keuntungan utama OD adalah peningkatan komunikasi, feedback, dan interaksi dalam organisasi. Tujuan utama dari meningkatkan komunikasi adalah untuk menyelaraskan semua karyawan dengan tujuan dan nilai-nilai perusahaan yang ada. Komunikasi yang jujur ​​dan terbuka juga mengarah pada peningkatan pemahaman tentang perlunya perubahan dalam organisasi.

  • Pengembangan Karyawan

Pengembangan organisasi berfokus pada peningkatan komunikasi untuk memengaruhi karyawan agar menghasilkan perubahan yang diinginkan. Kebutuhan akan pengembangan karyawan berasal dari perubahan industri dan pasar yang konstan. Hal ini menyebabkan suatu organisasi secara berkala meningkatkan keterampilan karyawan untuk memenuhi persyaratan pasar yang berkembang. Ini dicapai melalui program pembelajaran, pelatihan, peningkatan keterampilan / kompetensi dan peningkatan proses kerja.

  • Peningkatan Produk dan Layanan

Manfaat utama pengembangan organisasi adalah inovasi, yang mengarah pada peningkatan produk dan layanan. Inovasi dapat dicapai melalui pengembangan karyawan, yang berfokus pada peningkatan hasil kerja yang memuaskan dan peningkatan motivasi dan semangat kerja. Dalam hal ini, keterlibatan karyawan merupakan faktor utama dalam peningkatan kreatifitas dan inovasi produk dan layanan. Selain itu, OD juga dapat meningkatkan inovasi produk melalui analisis kompetitif, riset pasar (market research) dan melalui perkiraan ekspektasi dan preferensi konsumen.

  • Peningkatan Laba

Organizational development mempengaruhi bottom line perusahaan dalam berbagai cara. Melalui peningkatan inovasi dan produktivitas serta terjadi efisiensi, keuntungan perusahaan tentunya akan meningkat. Biaya-biaya juga akan berkurang dengan meminimalkan turn over dan mengurangi tingkat ketidakhadiran karyawan. Karena OD selaras dengan tujuan dan fokus pada pengembangan, mutu produk/jasa dan peningkatan kepuasaan karyawaan. Pergeseran budaya ke arah perbaikan yang berkelanjutan membuat perusahaan memiliki keunggulan tersendiri dalam persaingan industri dan pasar.

Maka pengembangan organisasi merupakan hal pentin untuk diperhatikan agar kegiatan bisnis bisa berjalan lancar sesuai ekspektasi yang diharapkan.

Open chat
Hello, can I help you?