Logo

Organization Development partner for business transformation and growth

Pondasi Penting Pengembangan Sumber Daya Manusia dalam Organisasi

Organisasi, mungkin ini merupakan sebuah kata yang sangat sering di dengar oleh khalayak umum. Organisasi menjadi wadah daripada kegiatan administrasi untuk mencapai tujuan tertentu para anggotanya. Organisasi bisa digarap dengan serius maupun tidak serius dengan artian bahwa organisasi itu merupakan main project atau side project dari para anggotanya.

Kita sebagai anak muda yang baru menekuni kegiatan organisasi yang profesional baik di kampus maupun bukan harus mengetahui di dalam organisasi terdapat sebuah unsur krusial daripada organisasi itu sendiri, yaitu sumber daya manusia.

Sumber daya manusia di dalam organisasi harus dikelola dengan baik dengan adanya sistem sumber daya manusia yang dikelola oleh personalia organisasi tersebut yang dalam masa kini lebih dikenal dengan Human Resources. Kita harus bisa mengetahui terlebih dahalu perbedaan daripada personalia dengan Human Resources.

Human Resources merupakan pengembangan daripada personalia yang pada akhirnya membawa kegiatan administrasi dalam lingkup yang luas (tidaklah sempit) di dalam organisasi. Kalau kita ingin mengembangkan organisasi kita, baik itu untuk kegiatan Non-Governmental Organization (NGO) ataupun bisnis (profit) haruslah memiliki Building Blocks daripada organisasi yang akan kita jalankan.

Building Blocks sendiri merupakan sebuah pondasi yang secara ideal dimiliki oleh suatu organisasi dalam pengelolaan dan pengembangan sistem sumber daya manusia sesuai dengan strategi organisasi.

Berdasarkan Building Blocks inilah Human Resources di dalam organisasi kita dapat menjalankan manajemen sumber daya manusia di dalam organisasi dengan komponen pedoman yang pastinya agar organisasi kita dapat berjalan dengan efektif dan efisien.

Sumber : https://yoursay.suara.com/kolom/2021/06/14/070000/pondasi-penting-pengembangan-sumber-daya-manusia-dalam-organisasi

Open chat
Hello, can I help you?