Logo

Organization Development partner for business transformation and growth

Manfaat Job Analysis Untuk Bisnis Kamu

Job Analysis merupakan istilah yang mungkin masih asing di telinga banyak orang namun ternyata Job Analysis merupakan salah satu fase penting dalam sebuah perusahaan. Job Analysis adalah suatu proses untuk melakukan penilaian dan mengumpulkan berbagai informasi yang berkaitan dengan jabatan dalam suatu perusahaan. Dalam menentukan sebuah posisi ditempati oleh orang yang tepat dengan kualifikasi yang sesuai dengan tanggung jawab pekerjaan. Ada banyak sekali mekanismenya sehingga pada akhirnya sebuah perusahaan bisa mengeluarkan pengumuman perekrutan yang berisi persyaratan-persyaratan yang harus dipenuhi oleh pelamar.

Lalu apa saja yang menjadi tujuan dilakukannya Job Analysis atau apa saja manfaat Job Analysis? Apakah ini hanya menguntungkan bagi perusahaan saja atau juga justru menguntungkan bagi para pelamar pekerjaan? Berikut beberapa manfaat Job Analysis:

Memudahkan Rekrutmen dan Seleksi

Pada tahap rekrutmen professional SDM Job Analysis  dapat memudahkan departemen Human Resources sebuah perusahaan dalam melakukan proses seleksi dan rekrutmen. Dengan dilakukannya Job Analysis  maka perusahaan bisa merumuskan kualifikasi dan persyaratan yang dibutuhkan untuk menempati suatu jabatan di perusahaan sehingga orang yang direkrut memiliki kualifikasi dan kemampuan yang sesuai dengan pekerjaan yang tersedia di perusahaan

Membantu Penentuan Standar Kerja

Memiliki standar kerja sangatlah penting bagi suatu perusahaan karena hal ini erat kaitannya dengan performance atau kinerja individu yang berimbas pada produktivitas kerja. Dengan adanya Job Analysis  yang baik karyawan akan bekerja sesuai dengan kapasitasnya sehingga tidak overpressure yang justru akan menurunkan produktivitas kerja yang berimbas pada tidak tercapainya target

Sarana Pelatihan Dan Juga Pengembangan Karyawan

Dengan adanya Job Analysis ini bisa digunakan untuk menilai akan kebutuhan dan juga pengembangan seorang karyawan. Tidak hanya itu, manajemen dengan mudah untuk menentukan bagaimana pelatihan yang harus dilakukan untuk mengembangkan kinerja karyawan tersebut. Dari pelatihan yang tepat untuk diberikan kepada seorang karyawan tersebut, tentunya akan mendapatkan sebuah hasil yang bisa disesuaikan dengan rencana perusahaan. Tujuan yang ada terlebih dalam hal efisiensinya suatu perusahaan.

Memudahkan Proses Pengupahan

Job Analysis juga  sangat penting untuk menentukan besarnya paket gaji seorang karyawan. Bahkan tidak hanya itu saja, besarnya tunjangan, dan juga insentif sangat dipengaruhi dengan adanya analisis ini. Keadaan dan juga tanggung jawab dalam mengemban tugas bisa dapat dilihat dengan mudah menggunakan analisis jabatan tersebut. tentunya adanya hal tersebut akan memudahkan dalam menentukan kompensasi yang harus diberikan oleh manajer sumber daya manusia kepada karyawannya.

Untuk Meningkatkan Produktivitas

Job Analysis juga  berguna untuk meningkatkan produktivitas karena jika sebuah posisi di perusahaan telah diisi oleh karyawan yang memiliki kualifikasi dan kompetensi yang tepat serta memiliki standar kerja yang sesuai dengan kompensasi yang diberikan maka tidak sulit bagi setiap individu karyawan untuk bekerja secara optimal sehingga produktivitas tinggi dengan nilai pencapain target yang juga maksimal.

Mengurangi Konflik Antar Karyawan

Antara karyawan yang satu dengan yang lainnya akan sering melakukan pekerjaan yang sama meskipun mereka berada dalam bidang atau divisi berbeda. Kondisi ini bisa mengakibatkan salah paham atau konflik terutama dalam hal pertanggungjawaban. Melalui mekanisme job analysis yang baik maka setiap karyawan akan mendapatkan tanggung jawab pekerjaan yang sesuai dengan posisinya serta kompetensi yang dimilikinya.

Sumber : AS, 2022

Open chat
Hello, can I help you?