Logo

Organization Development partner for business transformation and growth

Bentuk-bentuk Kompensasi Karyawan

19/12/2022

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, kompensasi didefinisikan sebagai imbalan berupa uang atau bukan uang yang diberikan kepada karyawan dalam perusahaan atau organisasi. Imbalan ini diberikan sebagai balas jasa atas kontribusi karyawan kepada perusahaan.

Pemberian kompensasi terhadap karyawan memiliki tujuan yang positif. Tujuannya meliputi:

  • Penghargaan terhadap prestasi karyawan
  • Menjamin keadilan gaji karyawan
  • Mempertahankan karyawan sehingga mengurangi angka turnover
  • Memperoleh karyawan yang bermutu
  • Pengendalian biaya-biaya perusahaan
  • Memenuhi peraturan-peraturan yang dibuat oleh pemerintah yang berkaitan dengan bisnis dan ketenagakerjaan.

Lalu apa saja bentuk kompensasi perusahaan kepada karyawan. Berikut 5 jenis kompensasi 

  1. Upah atau Gaji

Sudah menjadi kewajiban perusahaan untuk memberikan kompensasi berupa gaji atau upah kepada karyawannya. Kinerja karyawan dibayar langsung secara berkala dalam bentuk uang. Perlu diingat bahwa gaji dan upah memiliki pengertian yang berbeda.

Gaji didefinisiskan sebagai imbalan kerja yang dibayarkan dalam periode atau jangka waktu tertentu kepada pekerja tetap. Sedangkan upah adalah bentuk kompensasi kerja yang dibayarkan untuk pekerjaan yang tidak terpaut pada periode tertentu.

  1. Insentif

Insentif adalah tambahan imbalan khusus yang diberikan diluar gaji atau upah. Insentif biasanya diberikan bersamaan dengan gaji atau upah sebagai bentuk penghargaan atas kinerja karyawan.

Program insentif umumnya diberikan dengan melihat performa penjualan, keuntungan, atau upaya kontribusi extra yang dilakukan oleh karyawan.

Atas hasil kerja keras dan prestasi yang dibuat oleh karyawan, perusahaan bisa memberikan penghargaan dalam bermacam bentuk, seperti uang, barang, paket liburan dan lainnya.

Bagi perusahaan pemberian insentif berguna untuk menjaga loyalitas pekerja berkualitas, serta meningkatkan produktivitas perusahaan. Sedangkan bagi karyawan, insentif bermanfaat untuk meningkatkan standar hidup dengan adanya pendapatan tambahan serta membangun motivasi untuk meraih prestasi yang lebih tinggi.

  1. Bonus

Hampir serupa dengan insentif, pemberian bonus juga dilakukan atas kinerja yang melebihi standar dari karyawan atau pendapatan yang melampaui target dari perusahaan.

Besaran bonus juga tidak diatur secara khusus melainkan berdasar kondisi masing-masing perusahaan

Umumnya, kita mengenal 5 jenis bonus yaitu bonus tahunan, bonus prestasi, bonus retensi, bonus referral, dan bonus keahlian

  • Bonus tahunan diberikan atas pencapaian perusahaan tahun sebelumnya
  • Bonus prestasi yang diberikan atas apresiasi kinerja
  • Bonus retensi yang diberikan untuk mempertahankan karyawan yang cakap agar tetap di perusahaan.
  • Bonus referral yang diberikan pada karyawan yang merekomendasikan kandidat karyawan potensial untuk bekerja di perusahaan
  • Bonus keahlian yang diberikan pada karyawan dengan keahlian khusus dan berkontribusi pada pencapaian perusahaan
  1. Fasilitas

Fasilitas juga termasuk kompensasi yang diterima pekerja untuk mendukung kinerjanya. Fasilitas diberikan oleh perusahaan agar karyawan bisa melakukan pekerjaanya dengan lancar dan nyaman.

Fasilitas dapat berupa lingkungan kerja yang nyaman, kendaraan untuk mobilitas kerja, perangkat digital atau komputer, sampai pelatihan kerja untuk meningkatkan kompetensi.

  1. Tunjangan

Bentuk kompensasi lainnya yang diberikan kepada karyawan adalah tunjangan. Tunjangan ini biasanya meliputi asuransi kesehatan, asuransi ketenagakerjaan, tunjangan hari tua, program pensiun sampai tunjangan hari besar.

Jika insentif hanya diberikan perusahaan ketika ada keuntungan ekstra atau peningkatan performa, lain lagi dengan tunjangan yang diberikan dengan jaminan pasti sama seperti upah atau gaji dan biasanya sudah tertulis sebelumnya di dalam kontrak kerja.

Kesimpulannya kompensasi yang layak yang diberikan oleh perusahaan kepada karyawannya berbanding lurus dengan tingkat kepuasan kerja dan juga kinerja karyawan tersebut

Open chat
Hello, can I help you?