Logo

Organization Development partner for business transformation and growth

Program Pengembangan Kompetensi

Pengertian kompetensi menurut Spencer Dan Spencer Dalam Palan adalah sebagai karakteristik dasar yang dimiliki seorang individu yang berhubungan secara kausal dalam memenuhi kritersia yang diperlukan dalam menduduki suatu jabatan.

Sebuah perusahaan dapat dikatakan sukses bukan dilihat dari produk atau layanan apa yang mereka tawarkan ke konsumen. Ia dapat dikatakan sukses melihat bagaimana ia dapat mengelola orang-orang yang bekerja di dalamnya.

Ketika perusahaan memiliki fokus untuk mengembangkan karyawannya, maka secara tidak langsung ia akan meningkatkan begitu banyak hal mencakup kemampuan, kinerja, hingga loyalitas karyawan.

Maka dari itu pengertian sendiri people development merupakan suatu upaya dari perusahaan untuk meningkatkan kinerja serta produktivitas karyawan melalui peningkatan kompetensi yang dimilikinya.

Selain itu, tujuan lainnya yang biasanya ingin dicapai perusahaan melalui people development, seperti:

  • Tujuan fungsional yaitu untuk mempertahankan kemampuan fungsional agar sesuai dengan kebutuhan perusahaan
  • Tujuan sosial yakni menekankan tanggung jawab etis dan sosial terhadap tantangan serta kebutuhan masyarakat. Selain itu, dengan meminimalisir dampak negatif tuntutan terhadap perusahaan.
  • Tujuan organisasi ini berhubungan dengan mengenali peran people development untuk mewujudkan efektivitas perusahaan
  • Tujuan pribadi berkaitan dengan tujuan individu untuk turut serta berkontribusi pada perusahaan. Contohnya seperti keinginan untuk dimotivasi untuk bekerja, dipertahankan, dikembangkan dan sebagainya

Lalu bagaimana perusahaan meningkatkan people development diperusahaan:

  1. Training

Fokus untuk meningkatkan kemampuan yang telah dimiliki sebelumnya agar sesuai dengan tujuan perusahaan. Namun, perlu diketahui bahwa setiap karyawan memiliki kemampuan yang berbeda-beda dan membutuhkan pelatihan yang sesuai.

  1. Development

Hal ini berkaitan dengan pengembangan dari setiap karyawan secara menyeluruh dan meliputi pengembangan pribadi serta profesional.

  1. Motivasi

Setiap karyawan perlu diberikan motivasi agar dapat terus berkembang. Selain itu, penting bagi setiap karyawan untuk merasakan manfaat dari kegiatan people development yang dirancang oleh HR. Tujuannya, untuk membangun antusiasme dan motivasi karyawan.

  1. Team building

Dalam dunia kerja, setiap karyawan seringkali harus bekerja sama dalam tim. Maka, penting untuk menumbuhkan pemahaman soal pentingnya bekerja dalam tim agar menghasilkan kinerja yang efektif.

Itulah tadi pengertian serta fungsi dari people development di perusahaan

Open chat
Hello, can I help you?