Logo

Organization Development partner for business transformation and growth

Peranan Human Capital Dalam Meningkatkan Profit Perusahaan

15/12/2022

Human capital biasa diartikan modal berbentuk sumber daya manusia, seperti istilahnya human capital adalah aset perusahaan yang tidak berwujud. Secara definisi, HC dapat diartikan sebagai modal manusia, dimana modal manusia ini adalah kumpulan aspek pengetahuan, keahlian, kemampuan hingga keterampilan.

Human capital bertugas melakukan kegiatan yang berkaitan dengan mendapatkan, menganalisis, dan melaporkan data yang menginformasikan arah strategi penambahan nilai, investasi, dan keputusan operasional manajemen sumber daya manusia baik di tingkat korporasi maupun di lini depan. Dengan demikian, dapat diketahui human capital sangat erat kaitanya dengan pengembangan perusahaan.

Human Capital diharapkan dapat menjadi agen perubahan dalam perusahaan yang dapat membuat perbedaan seperti budaya, sistem, proses dan teknologi yang dapat berdampak pada pengembangan kualitas dan kuantitas produktivitas perusahaan.

Hal hal yang dilakukan human capital untuk meningkatkan kualitas perusahaan:

  1. Recruitment

Dalam perkembangan bisnis perusahaan , pasti pemilik perusahaan akan membutuhkan tambahan karyawan untuk melakukan pengembangan bisnisnya.  Departemen human capital bertanggung jawab memastikan ketersediaan kandidat karyawan serta bertugas menjalankan proses seleksi kandidat karyawan sesuai kebutuhan bisnis.

  1. Compensation & Benefit

Setelah bekerja karyawan berhak mendapatkan hak mereka dari perusahaan tempat mereka bekerja. Departemen human capital akan memastikan sistem kompensasi yang adil, kompetitif dan berlandaskan hukum untuk memenuhi tanggung jawab perusahaan kepada karyawan

  1. Performance Review

Tugas human capital selanjutnya adalah menilai kinerja para karyawan guna meningkatkan produktivitas. Penilaian tersebut berguna untuk memberikan umpan balik kepada mereka. Penilaian dilakukan dengan berbagai tinjauan dan survei. Sehingga manajemen dapat mengidentifikasi kesenjangan keterampilan, pelatihan yang diperoleh, kepuasan kerja, dan hal-hal lain yang mempengaruhi efektivitas karyawan.

  1. People Development

Sebuah perusahaan menjadi tidak berarti tanpa orang-orang didalamnya. Menjadi sangat penting sebuah perusahaan untuk berkembang. Pertumbuhan itu harus didorong oleh pertumbuhan karyawan di dalamnya dengan pengadaan pelatihan yang bertujuan mengembangkan kemampuan seseorang yang dapat meningkatkan produktivitas perusahaan dalam upaya pengembangan bisnis perusahaan.

  1. Career Path

Adanya career path dapat membuat karyawan termotivasi untuk mendapatkan title atau posisi yang lebih tinggi dengan menunjukkan bahwa dirinya layak, sesuai dengan kompetensi yang telah disediakan oleh perusahaan. Departemen human capital bertanggung jawab memastikan ketersediaan jenjang karir karyawan sebagai strategi mempertahankan karyawan.

  1. Industrial Relation

Sebuah perusahaan pasti sering terjadi konflik antar karyawan. Memastikan hubungan kerja yang harmonis antar karyawan maupun dalam hubungannya dengan perusahaan.

  1. Succession Management

Dalam perusahaan pasti ada namanya pemutusan hubungan kerja bisa dari karyawan atau dari perusahaan. Human capital perlu mengelola proses penggantian dan pemberhentian karyawan yang berlandaskan hukum dengan berorientasi pada kelangsungan organisasi bisnis

  1. HCDM

Human capital berfungsi sebagai administrasi manajemen yang mengintegrasikan seluruh fungsi dalam tata kelola data dan informasi

Sumber : AS, 2022

Open chat
Hello, can I help you?