Logo

Organization Development partner for business transformation and growth

Membangun Budaya Perusahaan yang Kuat Fondasi Kesuksesan Bisnis

Budaya perusahaan adalah suatu sistem nilai yang dirasakan maknanya sebagai perekat organisasi sehingga membentuk sikap, persepsi dan perilaku seluruh karyawan dalam suatu perusahaan. Dalam perspektif kepentingan perusahaan, budaya perusahaan membentuk perilaku individu-individu sehingga menghasilkan kinerja yang berkontribusi pada kinerja perusahaan.

Budaya perusahaan hanya menjadi jargon ketika pimpinan perusahaan tidak memberikan teladan serta memberikan penghargaan atas perilaku berdasarkan nilai-nilai budaya tersebut. Peran implementasi budaya perusahaan secara khusus merupakan tanggung jawab para pimpinan perusahaan, seperti juga budaya masyarakat dipengaruhi oleh perilaku pemimpin suku dan para sesepuh yang menjadi teladan di masyarakat.

Budaya perusahaan merupakan faktor yang sangat penting dalam menentukan keberhasilan atau kegagalan perusahaan di masa depan melalui komitmen bersama karyawan untuk memenuhi nilai-nilai bagi kepuasan pelayanan pelanggan. Budaya bersifat Strategis yang menentukan bagaimana nilai-nilai, sikap dan perilaku untuk mencapai sasaran perusahaan sehingga berdampak signifikan terhadap lünerja ekonomis perusahaan dalam jangka panjang. Manfaat budaya perusahaan antara lain:

  1. Memberikan identitas. Identitas timbul melaluİ ciri perilaku yang membedakan suatu perusahaan dengan perusahaan lainnya serta memberikan kebanggaan kepada seluruh karyawan.
  2. Membentuk komitmen bersama. Budaya perusahaan menjadi perekat bagi karyawan untuk membentuk komitmen bersama di atas kepentingan individu.
  3. Memperkuat standar perilaku untuk pelayanan pelanggan yang unggul. Nilai-nilai perusahaan sering secara langsung menjadi bagi pelayanan kepada pelanggan
  4. Membangun sistem kontrol dan stabilitas organisasi. Budaya perusahaan mengendalikan cara-cara berinteraksi antar karyawan, dan dengan pihak di luar perusahaan.

Budaya perusahaan yang efektif akan menghasilkan strategi perusahaan yang baik. Membangun budaya yang mendukung tujuan perusahaan dilakukan dengan melakukan perubahan terhadap komponen-komponen budaya sehingga dapat menghasilkan budaya yang kuat serta berdampak efektif bagi perusahaan.

Sumber : Buku “Pedoman Lengkap Profesional SDM Indonesia”, Brian Aprianto & Fonny Arisandy.

Open chat
Hello, can I help you?