Logo

Organization Development partner for business transformation and growth

Tips Sukses Interview Fresh Graduate

Wawancara kerja merupakan salah satu tahapan penting bagi fresh graduate dalam proses melamar pekerjaan. Tahapan ini cukup menentukan apakah calon karyawan lanjut ke dalam proses berikutnya atau harus berhenti karena sejumlah pertimbangan yang dilakukan oleh perusahaan. Biasanya, wawancara kerja dilakukan perusahaan untuk mengenal lebih dekat calon karyawan, baik dari segi pemikiran, tanggung jawab tentang pekerjaan tersebut, hingga apakah nilai-nilainya sejalan dengan nilai perusahaan.

Oleh karena itu, ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh pelamar sebelum menjalani proses wawancara, seperti kemampuan menjawab pertanyaan, komunikasi yang baik, sikap yang sopan, dan lainnya.

Bagi para fresh graduate, jangan khawatir! Ada beberapa tips yang bisa dipelajari agar Anda punya persiapan yang matang saat menghadapi wawancara. Berikut ini adalah hal-hal yang harus diperhatikan ketika akan melakukan wawancara kerja:

  1. Persiapkan Keperluan Wawancara Sehari Sebelumnya

Perusahaan (yang baik) pasti memberi undangan wawancara maksimal sehari sebelumnya.

Untuk itu, pergunakan waktu sebaik mungkin untuk mempersiapkan segala kelengkapan wawancara seperti pakaian yang rapi, dokumen penting seperti CV, hingga mengetahui lokasi wawancara.

  • Pelajari CV Anda, Lakukan Riset Mendalam Tentang Perusahaan

Pertanyaan yang diajukan biasanya tidak jauh dari apa yang telah Anda tuliskan dalam Curriculum Vitae (CV).

Jika sewaktu-waktu lupa, Anda dapat membaca CV Anda kembali dan yang paling penting, jangan lupa lakukan riset kembali mengenai perusahaan serta posisi yang Anda lamar.

Jika Anda mengetahui mengenai siapa yang akan mewawancarai Anda, Anda juga dapat melakukan riset mengenai rekam jejak kerja pewawancara lewat LinkedIn.

  • Cari kelebihan diri yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan

Siapkan diri kamu sebelum wawancara dengan cara mengetahui kemampuan diri sendiri yang berhubungan dengan target atau nilai-nilai perusahaan. Oleh karena tu, carilah informasi sebanyak-banyaknya. Dengan demikian, kamu bisa menonjolkan diri, lebih mudah mengevaluasi, menyampaikan saran untuk perusahaan tersebut ketika ditanya pada saat wawancara

Dengan demikian, kamu bisa menonjolkan diri, lebih mudah mengevaluasi, menyampaikan saran untuk perusahaan tersebut ketika ditanya pada saat wawancara

  • Berlatih nada bicara dan gerakan tubuh

Latihan tanya jawab secara mandiri sebelum melakukan wawancara. Selain berlatih menjawab pertanyaan, perlu juga untuk melatih nada dan gerakan tubuh

  • Datang ke Lokasi Wawancara Lebih Awal

Dan yang terakhir wajib hukumnya datang ke lokasi wawancara lebih awal setidaknya setengah jam dari jadwal yang telah disepakati.

Hal ini memberikan kesan bahwa Anda antusias menerima tawaran pekerjaan dan menunjukan bahwa Anda orang yang dapat menghargai waktu

Open chat
Hello, can I help you?