Logo

Organization Development partner for business transformation and growth

Perhatian! Cuti Bersama buat Swasta Tak Wajib, Sesuai Kesepakatan dengan Bos

 

Jakarta – Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah mengatakan cuti bersama bagi pegawai swasta sifatnya fakultatif alias tidak wajib. Diberikan atau tidaknya cuti bersama kepada karyawan dilakukan berdasarkan kesepakatan bersama antara perusahaan dan pekerja.
Ida menekankan kesepakatan cuti bersama diambil mempertimbangkan kebutuhan operasional perusahaan.

“Karena yang disepakati adalah cuti bersama maka sebenarnya yang saya sampaikan tadi, pelaksanaan cuti bersama itu sifatnya fakultatif atau pilihan sesuai kesepakatan pekerja atau buruh dengan pertimbangkan kondisi dan kebutuhan operasional perusahaan,” ungkap Ida dalam keterangan pers virtual, Kamis (22/6/2023).

Menurutnya, perusahaan bisa saja meminta pekerjanya untuk tetap bekerja saat cuti bersama. Namun, dia menegaskan harus ada kesepakatan antara pekerjanya.

“Jadi perusahaan jika memang membutuhkan terus beroperasi maka dia akan meminta pekerjanya untuk bekerja. Tentu case ini berdasarkan kesepakatan perusahaan dan pekerja,” ungkap Ida.

Ida melanjutkan pekerja yang mendapatkan cuti saat momen cuti bersama hak cuti tahunannya akan berkurang. Sementara itu, bagi pekerja yang tetap bekerja saat momen cuti bersama cuti tahunannya tidak berkurang dan harus diberikan pembayaran upah seperti hari kerja biasa.

“Pekerja atau buruh yang laksanakan cuti pada hari cuti bersama, hak cuti yang diambilnya mengurangi hak cuti tahunan. Kemudian pekerja yang bekerja pada hari cuti bersama, hak cuti tahunannya tidak berkurang dan kepadanya dibayarkan upah seperti hari kerja biasa,” papar Ida.

Seperti diketahui pemerintah resmi menambahkan dua hari cuti bersama saat momen Idul Adha minggu depan. Libur nasional Idul Adha sendiri ditetapkan Kamis 29 Juni, sementara itu dua hari cuti bersama tambahan diberikan pada Rabu 28 Juni dan Jumat 30 Juni.

Bila melihat harinya, masyarakat bisa saja libur sampai 5 hari berturut-turut. Pasalnya, di tanggal 1 dan 2 Juli kebetulan adalah hari Sabtu dan Minggu yang memang merupakan hari libur.

Sumber : https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-6786092/perhatian-cuti-bersama-buat-swasta-tak-wajib-sesuai-kesepakatan-dengan-bos.

Open chat
Hello, can I help you?