Logo

Organization Development partner for business transformation and growth

Perbedaan HRD dan HC

HRD (Human Resource Development) dan HC (Human Capital) merupakan dua konsep yang berhubungan erat dengan pengelolaan sumber daya manusia dalam suatu organisasi. Meskipun keduanya memiliki kesamaan, namun ada beberapa perbedaan antara HRD dan HC, yaitu:

  1. Fokus Utama: HRD lebih berfokus pada pengembangan potensi individu melalui pelatihan dan pengembangan keterampilan dan pengetahuan, sedangkan HC lebih menekankan pada nilai ekonomi individu sebagai aset organisasi.
  • Pendekatan Strategis: HC menggunakan pendekatan strategis dalam pengelolaan sumber daya manusia sebagai aset dan investasi jangka panjang bagi organisasi, sedangkan HRD lebih bersifat taktis dalam mengembangkan keterampilan dan pengetahuan untuk mencapai tujuan jangka pendek.
  • Lingkup Pengelolaan SDM: HRD lebih fokus pada pengembangan keterampilan dan kemampuan individu dalam lingkup internal organisasi, sedangkan HC melihat sumber daya manusia sebagai aset yang dapat mempengaruhi posisi organisasi di pasar.
  • Orientasi Bisnis: HC lebih terfokus pada orientasi bisnis dan strategi organisasi ketika melakukan pengelolaan sumber daya manusia, sedangkan HRD lebih berorientasi pada kebutuhan karyawan dalam rangka meningkatkan kinerja organisasi.
  • Pengukuran Kinerja: HC sering menggunakan metrik untuk mengukur kinerja karyawan dalam konteks nilai ekonomi yang dihasilkan oleh organisasi, sementara HRD lebih memperhatikan pengukuran hasil pelatihan dan pengembangan karyawan.

Walaupun HRD dan HC memiliki perbedaan, namun kedua konsep ini penting dalam mengelola sumber daya manusia suatu organisasi untuk mencapai tujuan organisasional secara efektif.

Open chat
Hello, can I help you?