Logo

Organization Development partner for business transformation and growth

Service Cermin Perusahaan

Persaingan bisnis yang begitu ketat seperti sekarang ini, menjadikan service harus dilakukan dengan maksimal, agar menjadi pembeda dengan bisnis pesaing.

Untuk mencapai sebuah service excellent, ternyata tidak semudah membalikan tangan. Suatu perusahaan atau bisnis harus mengupayakan beberapa hal untuk menciptakan service culture bagi perusahaan. Lalu bagaimana perusahaan dapat menciptakan service culture, berikut ini pembahasannya :

  1. Membuat Visi, Misi dan Value

Langkah awal yang paling umum dilakukan dalam membentuk service culture yaitu dengan menyusun visi dan misi perusahaan. Pernyataan tertulis ini akan menguraikan apa yang perusahaan yakini dan tujuannya, sehingga dapat dituangkan dalam bentuk service culture baik untuk internal maupun eksternal.

  • Mengembangkan Standar Sikap

Mengembangkan standar sikap atau perilaku dalam menggambarkan bagaimana visi dan misi tersebut akan diterapkan dalam service culture. Misalnya dengan cara melakukan pendekatan secara personal kepada pelanggan. Sehingga dengan cara ini akan membantu mendapatkan service culture yang diinginkan pelanggan secara tetap yaitu dengan membuat standar secara tertulis dan dapat diukur.

  • Mengadakan pelatihan

Mengadakan pelatihan (training) untuk karyawan dengan harapan dapat mencapai target yang perusahaan inginkan. Dengan adanya pelatihan dapat digunakan sebagai pedoman dalam menjalankan tugas dan fungsi perusahaan.

  • Pemberian Reward dan Konsekuensi

Dengan adanya penetapan peraturan tentunya ada beberapa kemungkinan karyawan untuk tidak menaatinya. Hal ini dapat dicegah dengan memberikan konsekuensi bagi karyawan yang tidak menerapkan sesuai dengan standar service culture. Namun apabila sebaliknya karyawan patuh untuk melaksanakan service culture dengan baik maka perusahaan akan memberikan reward atau penghargaan atas kerjanya.

Jadi dapat disimpulkan setiap perusahaan yang menjual jasa atau produk harus mampu menerapkan service culture yang mengandung aspek-aspek pelayanan prima terbaik. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan penjualan, menjaga citra perusahaan, serta menciptakan lebih banyak pelanggan yang loyal.

Open chat
Hello, can I help you?