Logo

Organization Development partner for business transformation and growth

Terkuak! Serial Money Heist jadi Inspirasi Staf HRD Nekat Rampok Bank BJB di Fatmawati Jaksel

Kapolres Metro Jakarta Selatan Kombes Budhi Herdi Susianto menyebut BS (43) melakukan aksi perampokan Bank Jawa Barat atau BJB di RS Fatmawati, Cilandak, Jakarta Selatan karena terinspirasi serial Money Heist. Bahkan, BS sampai menyiapkan sejumlah peralatan seperti bom asap, pisau lipat, kabel ties, hingga alat kejut.

“Jadi dia mengaku sering menonton film MH(Money Heist) di salah satu TV berbayar,” kata Budhi saat dihubungi, Rabu (6/4/2022).

Aksi perampokan yang dilakukan BS terjadi pada Selasa (5/4) kemarin. Namun, aksi tersebut berhasil digagalkan oleh sekuriti berinisial F. Petugas keamanan itu memberanikan diri melakukan perlawanan, setelah pistol yang menyerupai senjata api yang dibawa oleh pelaku ternyata palsu.

“Keduanya pun terlibat aksi saling serang, sementara pekerja bank dan nasabah berhamburan keluar menyelamatkan diri. Tak berselang lama, anggota Polres Metro Jakarta Selatan datang ke lokasi.

“Di situ bersama saksi F melakukan penangkapan terhadap tersangka yang saat itu bergumulan dengan saksi F,” ungkap Budhi.

Atas perbuatannya, BS dijerat dengan Pasal 365 juncto 53 dan Undang-Undang Darurat Nomor 12 tahun 1951 tentang Kepemilikan Senjata Api dengan ancaman penjara total 10 tahun.

Staf HRD Bank

Dari hasil pemeriksaan, pelaku ternyata seorang staf HRD di salah satu bank swasta.

“Jadi yang bersangkutan sebenarnya, dari latar belakangnya yang bersangkutan adalah pegawai di salah satu bank swasta. Posisinya cukup bagus sebenarnya staf HRD,” kata Budhi

Bahkan kata Budhi, menjabat sebagai staf HRD, BS memiliki penghasilan yang lumayan tinggi sebesar Rp 60 juta setiap bulan. Namun karena terlilit hutang dia nekat melakukan perampokan.

Open chat
Hello, can I help you?