Logo

Organization Development partner for business transformation and growth

Langkah Mudah Menentukan KPI

09/01/2023

Setiap bisnis pasti membutuhkan evaluasi kerja. Hal ini dimaksudkan agar setiap anggota atau karyawan tahu seberapa efektif kinerjanya. Untuk mengukur efektivitas kinerja karyawan, perusahaan bisnis biasanya menggunakan key performance indicator (KPI). Dari KPI itulah nantinya menjadi panduan untuk menyusun strategi bisnis kedepannya

Dalam pembuatannya KPI tidak bisa di buat sembarangan tentu ada dasar penetapannya. Lalu bagaimana cara membuatnya ?

  • Memiliki Tujuan yang Jelas

Tujuan dari KPI harus jelas dan strategis. Jelas yang dimaksud adalah tidak ada simpang siur sehingga karyawan mudah memahami strategi. Sedangkan strategis yang dimaksud adalah melihat bagaimana visi dan misi mampu dicapai oleh para karyawan.

Jika memiliki tujuan yang jelas, siapapun yang melihatnya akan mudah memahami narasi dan data dengan baik. Sebagai contoh: pengambil keputusan adalah pemimpin perusahaan sedangkan tujuan indikator kinerja utama adalah mampu memperluas jangkauan pasar hingga luar Jawa.

  • Membuat Tujuan secara Garis Besar

Gunakan 5 W dan 1 H untuk menentukan tujuan dari key performance indicator. Sebagai contoh: apa targetnya? Kapan target bisa dapat tercapai? Mengapa perusahaan menentukan target sebesar itu? Siapa yang menjadi target pasar untuk strategi ini? Di mana target pasar yang mudah tercapai? Bagaimana strategi yang harus diterapkan demi mencapai target?

  • Mengumpulkan Data

Hal ketiga yang perlu dilakukan adalah mengukur indikator kinerja utama dengan data. Gunakanlah data antara kualitatif atau kuantitatif. Namun, jika ingin mendapatkan data yang valid, rinci, dan detail, terapkan data kuantitatif. Hal ini akan menjadi lebih mudah untuk mendiskusikan langkah dan strategi selanjutnya.

  • Membuat Rumus KPI

Membuat rumus KPI memanglah tidak mudah tetapi bukanlah sesuatu yang tidak bisa dilakukan oleh karyawan. Ada cara tersendiri untuk membuat rumus KPI. Misalnya, mengukur seberapa banyak pendapatan yang diperoleh dengan angka penjualan. Pebisnis perlu mempunyai rumus tersendiri sehingga memudahkan bagi karyawan untuk mencapai target.

  • Mensosialisasikan KPI

Setelah membuat rumus, pebisnis harus mensosialisasikan key performance indicator dalam rapat bulanan atau mingguan. Buatlah narasi dan data yang menarik. Alangkah lebih baik data tidak hanya sekedar angka melainkan grafik dan diagram. Hal itu lebih mudah bagi pebisnis untuk memberikan pengarahan pada karyawan. Selain itu, karyawan pun lebih mudah untuk memahami apa yang telah disosialisasikan

Nah, itu tadi beberapa cara menyusun key performance indicator yang bisa kamu lakukan. Ternyata menyusun key performance indicator tidak sesulit yang dibayangkan ya. Untuk semakin memudahkanmu untuk mengelola manajemen perusahaan

AS, 2023

Open chat
Hello, can I help you?