Logo

Organization Development partner for business transformation and growth

Kenapa Harus Mempertahankan Karyawan

Ada beberapa alasan kenapa perusahaan perlu mempertahankan karyawan potensial, beberapa memang dilakukan agar perusahaan tidak goyah namun juga ada alasan penting lainnya.

Jika perusahaan tak mampu mempertahankan karyawan terbaiknya, siapa yang rugi?

Terlepas dari skala perusahaan, Anda akan merugi jika karyawan terbaik mengundurkan diri. Karena merekrut karyawan bukan perkara mudah. Pasalnya HR harus menyaring puluhan atau ribuan CV dan melakukan seleksi dari interview hingga menilai skill test bersama user.

Karyawan terbaik juga akan menjadi contoh bagi karyawan lain untuk meniru kebiasaan yang dilakukannya. Kebiasaan baik yang tertular kepada seluruh karyawan akan meningkatkan produktivitas kerja. Sehingga target dan tujuan perusahaan bisa tercapai dengan cepat.

Selain itu karyawan merupakan aset terpenting dalam perusahaan. Terlebih lagi jika karyawan terbaik yang selalu memberikan dampak positif kepada perusahaan. Jika Anda memiliki karyawan yang seperti itu, perusahaan pastinya memiliki karyawan andalan untuk mengerjakan berbagai proyek kerja yang akan mewakili perusahaan.

Lalu bagaimana perusahaan bisa mempertahankan karyawan ?

  1. Perusahaan dapat menciptakan lingkungan kerja yang menyenangkan. Hal ini penting dilakukan karena lingkungan kerja merupakan salah satu faktor yang menentukan betah atau tidaknya karyawan untuk bekerja di perusahaan. Suasana kerja yang penuh dengan tekanan dan stres dapat mempengaruhi kesehatan mental karyawan, sehingga karyawan tersebut tidak dapat menikmati pekerjaan mereka.
  2. Menjalin komunikasi yang transparan. Karena komunikasi yang tidak transparan dapat menyebabkan ketidaknyamanan bagi karyawan untuk bekerja. Setiap karyawan berhak mengetahui mengenai kondisi keuangan perusahaan, kemajuan yang telah dibuat oleh perusahaan, dan hal-hal lain yang direncanakan oleh perusahaan.
  3. Berikan kesempatan untuk berkembang. Stabilitas karyawan di tempat kerja akan lebih terjaga jika perusahaan dapat mempromosikan karyawannya ketimbang mempekerjakan karyawan baru untuk mengisi posisi yang lebih tinggi.
  4. Memberikan fasilitas kantor yang mendukung, yang akan membuat karyawan terbaik lebih semangat dalam bekerja.
  5. Memberikan gaji dan insentif yang kompetitif. Karena gaji merupakan salah satu motivasi terbesar bagi karyawan untuk bekerja di suatu perusahaan.

Jadi jangan selalu beranggapan jika karyawan tipes perusahaan tinggal cari baru, karena semua karyawan merupakan aset terpenting untuk perushaan

Open chat
Hello, can I help you?