Logo

Organization Development partner for business transformation and growth

Efektivitas Organisasi

Organisasi yang efektif adalah organisasi yang memiliki kapabilitas untuk menjalankan misi dan mencapai visinya. Misi menyatakan makna keberadaan organisasi. Sedangkan Visi yaitu gambaran organisasi yang hendak dicapai di masa depan. Dalam mencapai Visi dan misinya tersebut, organisasi berkewajiban memenuhi kebutuhan para pemangku kepentingannya (stakeholders). Stakeholders organisasi yaitu berbagai pihak yang memiliki kepentingan berkaitan dengan organisasi seperti karyawan, pelanggan, pemegang saham, pemerintah, pemberi pinjaman dan lain-lain.

Kemampuan organisasi untuk mencapai Visi dan misinya dibangun berdasarkan faktor-faktor kapabilitas organisasi. Faktor-faktor tersebut yaitu strategi, struktur organisasi, sistem dan proses, personel, budaya perusahaan, etika bisnis dan kemampuan meminimalkan risiko. Kontribusi faktor-faktor tersebut bagi kapabilitas organisasi dikembangkan melalui aktivitas-aktivitas sebagai berikut:

  1. Faktor strategi memberikan arah organisasi melalui aktivitas perencanaan strategis yang meliputi penetapan visi, misi, nilai-nilai sasaran strategis, pengembangan strategi serta implementasi dan evaluasinya.
  2. Faktor struktur organisasi merumuskan struktur yang paling efektif dan efisien untuk mencapai sasaran organisasi melalui strukturnya.
  3. Faktor sistem dan proses merupakan aktivitas-aktivitas untuk memberikan nilai kepada pelanggan organisasi untuk mencapai sasaran organisasi, melalui bisnis proses, value chain serta pengembangannya melalui merger dan akuisisi.
  4. Faktor personel mendukung organisasi dengan mengelola kontribusi personel bagi organisasi melalui strategi SDM.
  5. Faktor budaya mempengaruhi perilaku individu dalam kontribusinya bagi organisasi untuk mencapai tujuannya melalui penciptaan budaya perusahaan.
  6. Faktor etika berupaya memastikan pencapaian sasaran organisasi dengan cara yang etis sehingga berdampak positif bagi pencapaian sasaran jangka panjang melalui implementasi good corporate governance (GCG).
  7. Faktor minimalisasi risiko berupaya mengurangi dampak risiko yang berpotensi menghalangi dan menghambat pencapaian sasaran organisasi melalui manajemen risiko.

Faktor-faktor kapabilitas organisasi secara umum saling mempengaruhi walaupun tidak mempengaruhi secara keseluruhan misalnya proses perubahan budaya perusahaan dapat mempengaruhi struktur organisasi, personel, sistem dan proses serta etika bisnis. Namun demikian suatu faktor dapat juga tidak berdampak pada faktor Iain tetapi tetap mempengaruhi efektivitas organisasi.

Kebanyakan organisasi tidak mengimplementasikan seluruh faktor-faktor tersebut misalnya hanya segelintir perusahaan yang mengimplementasikan minimalisasi risiko dan etika dalam program yang formal. Ada juga perusahaan yang mengimplementasikan beberapa faktor secara tidak formal misalnya etika tidak diatur secara formal melalui pedoman perilaku tetapi ditetapkan secara tegas melalui nilai-nilai perusahaan. Namun demikian implementasi faktor-faktor tersebut secara menyeluruh hampir selalu terdapat pada organisasi yang berukuran besar.

Sasaran efektivitas organisasi yaitu menjalankan misi dan tercapainya visi perusahaan. Sasaran tersebut dapat tercapai dengan membangun kapabilitas organisasi sehingga mendukung strategi dan mencapai sasaran strategis perusahaan pada jangka pendek dan jangka panjang. Organisasi yang efektif mampu mengarahkan sumber daya yang dimilikinya untuk mencapai sasarannya.

Sumber : Buku “Pedoman Lengkap Profesional SDM Indonesia”, Brian Aprianto & Fonny Arisandy.

Open chat
Hello, can I help you?