Logo

Organization Development partner for business transformation and growth

Apa Itu Career Path

16/01/2023

Career path atau jenjang karir karyawan adalah hal yang umum diketahui oleh setiap karyawan. Adanya career path yang jelas, tentu akan membantu karyawan dan memotivasi mereka dalam bekerja.

Meskipun career path penting untuk meningkatkan motivasi kinerja karyawan, akan tetapi tidak semua perusahaan memiliki career path. Biasanya, perusahaan skala menengah ke bawah jarang memiliki career path yang jelas karena minimnya jumlah karyawan di dalamnya.

Jadi, apa bagaimana konsep dari career path?

Sebagai contoh, sebuah perusahaan memiliki sebuah tim yang terdiri dari project manager dan anggotanya. Setiap anggota memiliki kesempatan untuk naik menjadi project manager dan orang yang telah menempati posisi project manager sebelumnya dapat naik ke posisi jabatan manajerial atau supervisor.

Berdasarkan contoh tersebut, maka kita dapat menyimpulkan bahwa career path umumnya vertikal, bergerak dari bawah ke atas. Lewat career path yang jelas, karyawan akan lebih termotivasi dalam bekerja.

Bagaimana Cara Menyusun Career Path yang Baik untuk Karyawan?

Menyusun KPI untuk Karyawan

Key Performance Indicators atau KPI adalah sebuah alat yang membantu perusahaan untuk mengukur kinerja seorang karyawan maupun tim.

Berdiskusi dengan Karyawan

Sebelum menyusun program jenjang karir, Anda juga bisa berdiskusi terlebih dahulu dengan karyawan. Tanyakan pada mereka, karier atau program seperti apa yang mereka harapkan dari perusahaan.

Menyusun Rencana Career Path Terpersonalisasi untuk Setiap Divisi

Langkah selanjutnya adalah menentukan jenjang karir yang berbeda-beda untuk masing-masing divisi. Tentunya, tiap divisi akan memiliki jenjang karir yang berbeda.

Memberikan Program Pengembangan Diri untuk Tingkatkan Skill Karyawan

Untuk membantu karyawan mengasah minat serta kemampuannya di perusahaan, Anda juga bisa menyediakan program pengembangan diri untuk karyawan.

Jadi sudah tahukan bagaimana cara menyusunnya, lakukan career path yang terorganisir maka akan membantumu meningkatkan kualitas karyawan.

AS, 2023

Open chat
Hello, can I help you?